Ginseng Jawa Tanaman Herbal Som Jawa

Di pulau Jawa masyarakat lokal mengenal Som Jawa yang sering disebut sebut sebagai Ginseng Jawa, terutama oleh pedagang herbal tradisional dengan menguraikan manfaat yang mirip dengan Ginseng sesungguhnya (Panax). Bahasa latinnya juga jauh berbeda, dinamakan sebagai Talinum Paniculatum Gaertn, kolesom atau Talinum triangulare Wild. Masyarakat tradisional sudah lama mengenalnya sebagai ramuan obat, lajimnya dicampur dengan minuman keras anggur. Sebagian masyarakat menggunakannya sebagai campuran sayur lodeh dengan berbagai jenis dedaunan penyedap rasa.

Bentuk fisik Som Jawa juga sangat berbeda dengan tanaman ginseng sesungguhnya dan cukup mudah ditemukan di berbagai tempat, terkesan sebagai tanaman liar yang sangat jarang dibudidayakan. Tidak banyak artikel ilmiah yang mengulas tentang tanaman herbal ini, kecuali catatan digital yang banyak ditulis oleh para Blogger serta iklan sederhana yang bercerita tentang faedahnya walaupun belum teruji secara medis, mungkin saja itu pendapat pribadi atau mitos yang dicatat pada artikel sederhana di internet. Semoga saja tumbuhan ini diteliti lebih jauh lagi, untuk mengetahui kandungan yang terdapat didalamnya sebagai obat herbal. Situs pemerintah pertanian.go.id menyajikan klasifikasi tanaman dengan asal penyebarannya dari Amerika dan Afrika secara sistimatis, berikut dengan gambar Ginseng Jawa dengan ciri ciri tanaman tanpa menyebut faedahnya secara rinci.

Gingseng Jawa  Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  Sub Kelas: Hamamelidae
  Ordo: Caryophyllales
  Famili: Portulacaceae
  Genus: Talinum
  Spesies: Talinum paniculatum Jacq Gaertn

 

Indonesia memang sangat kaya dengan tanaman herbal, masyarakat tradisional di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Paua dan Sumatera serta Bali hingga Mentawai dan Nias, hampir di setiap pulau memiliki tanaman herbal yang dikenal sangat ampuh, dan secara turun temurun telah diajarkan, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Menjadi bagian dari pengobatan tradisional yang diwariskan oleh leluhur secara turun temurun.

Comments are closed.

Scroll to Top